Makna Logo Kabupaten Pohuwato

Lambang Daerah Kabupaten Pohuwato pada bagian luar berbentuk segi lima melambangkan Dasar Negara RI yaitu Pancasila.
Pada bagian dalam berbentuk lingkaran bola dunia atau bumi menggambarkan kebulatan tekad masyarakat Kabupaten Pohuwato dalam berjuang dan membangun Kabupaten Pohuwato. Dengan bentuk dalam yang menampakkan keserasian formasi gambar yang terdiri dari warna dasar merah jambu memiliki makna kehangatan, kelembutan, kewibawaan dan semangat juang. Harapannya Pohuwato akan selalu mendapat pemimpin yang lembut hatinya, dekat dengan masyarakat, berwibawa dan memiliki semangat yang tinggi untuk membangun Pohuwato.

Lambang Daerah Kabupaten Pohuwato memuat kondisi dan potensi alam Kabupaten Pohuwato antara lain :

  1. Gunung
  2. Laut
  3. Kelapa
  4. Sawah
  5. Hutan

Lambang Daerah Kabupaten Pohuwato dapat dibuat dalam berbagai ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dimana lambang tersebut ditempatkan.

Nuansa global:

  1. Warna merah jambu adalah warna yang memberi makna kehangatan, kelembutan, kewibawaan dan semangant juang
  2. Model Pohon Kelapa yang melengkung memberi makna gerak dinamis yang tidak diam tetapi selalu berbuat untuk masa depan.
  3. Gunung, Hutan, Sawah, Laut melambangkan potensi kekayaan sumber Daya Alam Kabupaten Pohuwato sebagai sumber penghidupan Masyarakat.
  4. Perahu Layar berwarna hitam dengan layar terkembang warna putih menggambarkan keteguhan dan semangat juang masyarakat Kabupaten Pohuwato dalam mengarungi samudra kehidupan dan menandakan sebagai Kota Pantai.
  5. Lingkaran Bola Dunia atau Bumi merupakan makna tempat berpijak dan berjuang seluruh umat manusia dan menggambarkan kebulatan tekad masyarakat Kabupaten Pohuwato dalam berjuang dan membangun.
  6. Bintang adalah lambang ketuhanan yang maha esa mengandung makna kepercayaan dan harapan dari masyarakat Kabupaten Pohuwato untuk selalu mendapat petunjuk dan ridho dari Allah SWT, bentuk bintang berwarna kuning emas juga mengandung makna cita cita yang tinggi dalam meraih kejayaan.
  7. Padi, Kapas dan Rantai merupakan lambang kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat lahir bathin dan merupakan cita-cita hidup seluruh umat manusia dimana rantai memiliki makna bahwa adanya pengakuan persatuan dan kesatuan (Ikatan yang kuat) baik secara lokal, nasional maupun global dalam mewujudkan kesejahteraan lahir dan bathin. Rangkaian gambar padi, kapas dan rantai membetuklingkaran dan bergerak menuju kesatu titik yaitu gambar bintang mengandung makna bahwa untuk dapat mewujudkan kesejahteraan hidup, manusia harus berusaha dengan giat dan selalu ingat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT.
  8. Pita berwarna merah dengan tulisan Kabupaten Pohuwato berwarna putih mempunyai makna semangat juang dan keberanian menegakkan kebenaran dan keadilan yang dilandasi dengan hati yang tulus dan suci

Nuansa Nasional:

  1. Padi dan Kapas yang mengandung makna kemakmuran dan kesejahteraan seperti pada Pancasila.
  2. Rantai mempunyai makna adanya pengakuan persatuan dan kesatuan dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika.

Nuansa lokal:

  1. Bintang adalah lambang keagamaan sehingga selaras dengan filosofi “Adat Bersendikan Syara, Syara Bersendikan Kitabullah”.
  2. Perahu layar ditengah adalah lambang keteguhan dan semangat juang masyarakat Kabupaten Pohuwato dalam mengarungi samudera kehidupan hal ini sangat sesuai dengan semangat tidak mengenal menyerah yang ditunjukkan masyarakat dalam membangun Kabupaten Pohuwato seutuhnya dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Merah Putih pada tulisan Kabupaten Pohuwato menunjukkan keberanian dalam menegakkan kebenaran dan keadilan yang dilandasi dengan niat yang suci dan hati yang tulus.
  4. Gunung, hutan, sawah, laut dan pohon kelapa yang khas melambangkan potensi Kabupaten Pohuwato.

Pemaknaan Warna dan Simbol simbol lainnya dalam lambang.

  1. Dari bentuk dan warna yang terdapat dalam Lambang Kabupaten Pohuwato tersebut bila dipadukan memiliki makna Masyarakat Kabupaten Pohuwato adalah Masyarakat yang religius, dinamis, teguh pendirian, memiliki semangat juang yang tinggi untuk mencapai cita cita yang suci yaitu Masyarakatyang adil dan sejahtera, dengan tetap menjaga perdamaian, keamanan dan persatuan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
  2. Simbol yang memberi makna pada terbentuknya dan disahkannya Kabupaten Pohuwato :

Dua buah pohon kelapa yang setiap pohonnya mempunyai tiga butir kelapa bila dijumlahkan menjadi 6 butir melambangkan terbentuknya Kabupaten Pohuwato dengan Undang undang Nomor 6 Tahun 2003 tanggal 25 Februari tahun 2003.

a. Rantai yang berjumlah 25 Butir melambangkan tanggal 25.
b. Kelapa yang berjumlah dua pohon melambangkan Bulan Februari
c.Dua buah Pohon kelapa yang setiap pohonnya mempunyai buah tiga butir melambangkan tahun 2003.
d. Kapas yang berjumlah 17, Nama Kabupaten Pohuwato berjumlah 8 huruf dan Padi berjumlah 45 melambangkan tanggal, bulan dan tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).3. Warna Merah Jambu bermakna

  • Kehangatan, kelembutan dan kewibawaan.
  • Biru bermakna kedamaian dan ketenangan.
  • Hijau bermakna kemakmuran dan kesejahteraan.
  • Kuning bermakna keagungan dan kemuliaan.
  • Putih bermakna kesucian dan keluhuran.
  • Merah bermakna keberanian dan perjuangan.
  • Hitam bermakna keteguhan.
  • Coklat bermakna kedewasaan.